Memanage Penyakit dan Stres !

Baru pertama kali lagi nih buka blogspot, ada catatan yang harus saya ingat dan menjalankan semua aturan dan manjauhi larangannya, ce ie.... 

Jadi kenapa nih baru buka lagi blogspot, ternyata karena ada informasi penting bagi saya dan kita semua yang mudah mudahan dapat mengambil hikmahnya dari kejadian ini.

Kejadiannya saya akan membahas tentang sakit yang saya alami selama 3 minggu, waw .. seorang pesepakbola sakit?.. ya namanya juga manusia hehe

Minggu pertama 25 September 2017 , sakit gondongeun. Jadi selama minggu ini yang saya rasakan adalah demam, panas, malam ga bisa tidur karena panas, malah tidak masuk makanan karena mual dan pusing kepala.Berobat ke dr. seperti biasa di kasih obat, nah ada obat untuk magh disini.namun di bantu juga sama bilao sembuhnya hari sabtu.

Satu minggu berakhir , gondongeun sembuh. tanpa memikirkan kondisi saya langsung masuk kerja. Hari senin cek darah di apotek , ternyata 90. Yasudah beli sangobion...padahal minggu itu kondisi masih magh tanpa diketahui. 

Namun hari kamisnya saya periksa, dan ternyata magh. minggu berikutnya berjuang melawan magh yang saya rasakan pusing dan mual yang kuat 24 jam. Seperti gejala orang hamil. 
Mantri di desa menyarankan untuk ke poliklinik khusus penyakit dalam, jadi hari selasa 10 Oktober 2017 saya periksa ke poli penyakit dalam di RS Linggarjati. 

Alhamdulillah hari ke 5 baikan dan hari selasa 17 Oktober 2017 kontrol ke Poli klinik yang sama. Disini hanya di kasih obat untuk penyembuhan namun untuk gejala BAB berdarah masih ada, maka harus periksa ke poli Bedah... waaaw.. mendengar kata bedah saya langsung takut.

Tapi 2 hari berikutnya saya pun langsung periksa ke dr. Nova di poli bedah nah disini banyak konsultasi dengan dr. karena pasiennya lagi sedikit. ada beberapa hal penting nih hasil konsultasi nya diaantaranya : 

1. Untuk penyakit magh itu dari kurang teraturnya pola makan, misalkan kita makan 3 x sehari, maka di selang waktu itu harus diselingi snack/biskuit supaya lambung tidak kosong dan melukai dinding lambung. 

2. Mengenai penyakit BAB berdarah jika darahnya netes segar gejalanya dari wasir, harus diobati dan untuk makanan dianjurkan makan buah naga supaya melancarkan pencernaan dan melunakan BAB serta banyak minum air putih.

3. Jika BAB nya berwarna hitam, kemungminan ada pendarahan di pencernaan bagian atas terutama lambung yang terluka.

4. Kemungkinan akibat stres juga bisa menyebabkan penyakit, olahraga adalah salah satu solusi juga untuk menage stres.

Nah hasil konsultasi yang saya dapatkan seperti itu namun disamping itu saya juga merasa berdosa karena mungkin selama sehat kurang bisa memanfaatkan waktu untuk beribadah. Padahal khasiatnya juga untuk kesehatan sangat besar.

Jadi rencana saya seperti ini untuk mencegah sakit : 
1. Memaksimalkan gerakan shalat dengan baik dan benar karena yakinlah dalam shalat banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan.

2. Melaksanakan shalat Tahajud dan duha, di waktu tahajud banyak udara yang segar dan banyak sekali khasiatnya. Dhuha juga banyak sekali manfaatnya selain sedekah tulang-tulang, saya pernah baca bahwa duha di jam 9-10 dapat memanage stres dan meningkatkan semangat sehingga kita tidak cepat lelah menghadapi aktifitas setalah tiba waktunya siang.

3. Memperbanyak dzikir dan Baca Quran, pasti banyak manfaatnya pada otak dan semua organ tubuh.

4. Menjaga kesehatan seperti mandi,gosok gigi, tidak tidur di sore hari, istirahat yang cukup, tidak tidur setelah subuh dll.

5. Menjaga pola makan dan minum, makanan yang sehat seperti sayur dan buah jangan makan terlalu pedas, selingi jam kerja dengan mengemil biskuit, banyak minum.

6. Berolahraga

7.  Fokuslah kepada manfaat ketika kita akan beribadah dan melakukan apapun, misal ketika mau shalat maka tubuh kita butuh shalat loh.. 
 
8. Jangan terlalu banyak pikiran, enjoy ajah menikmati hidup nikmati hobi mu..

Sekian mungkin tulisan ini saya buat hari ini ketika pulang dari RS poliklinik bedah dan semoga ada manfaatnya....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Import kontak dari Excel Ke Google Kontak

Ayo Balapan mengetik....!